Berita Terbaru :

Minggu, 02 Oktober 2011

MANAJEMEN SISTEM PELATIHAN


 ARTI MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI
a.      Menurut ordway tead yang disadur oleh drs. H. Rosyidi dalam buku “Organisasi Dan Management“, definisi manajemen adalah “proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan “.
Sumber: http://Danukusumapraja.wordpress.com/
b.      Menurut “Marry Parker Follet” :“Manajemen Sebagai Seni Dalam Menyelesaikan Pekerjaan Melalui Orang Lain”.
Sumber : http:// ichaledutech.blogspot/pio_123_slide_pelatihan
c.       Menurut James A.F. Stonner :
“Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan”.
Sumber : Agus, D. 1986. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali.
d.      Menurut Drs. M. Manullang (2001:3) Istilah manajemen mengandung 3 (tiga) pengertian, sbb:
o   Manajemen sebagai suatu proses
o   Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melaksanakan manajemen
o   Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu
Sumber: http://Danukusumapraja.wordpress.com/
e.      Menurut Oey Liang Lee: Sebuah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Sumber : www.google.com
Dari beberapa pengertian diatas yang berasal dari berbagai sumber dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah merupakan suatu seni dan proses dalam merancang, mengorganisasikan, mengelolah, mengawasi, mengarahkan suatu sumber daya manusia dan elemen-elemen yang terlibat  dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
ARTI PELATIHAN MENURUT PARA AHLI

a.      Suprihanto (1987:17) berpendapat pelatihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan seorang karyawan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam menjalankan suatu pekerjaan
Sumber : buku manajemen sumber daya manusia perusahaan oleh Dr. A.A Anwar Mangkunegara.
b.      Pelatihan (training) dimaksudkan untuk menguasai berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu terinci dan rutin (Handoko, 1995:104).
Sumber : http://satria.blogspot.com/pengertian pelatihan
c.       Simamora (2004 : 273) memberikan definisi atau pengertian pelatihan atau training sebagai proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, konsep, peraturan atau sikap untuk meningkatkan kinerja karyawan”.
Sumber : buku manajemen sumber daya manusia perusahaan oleh Dr. A.A Anwar Mangkunegara
d.      Menurut FLIPPO, Pelatihan adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan seseorang pegawai untuk melaksanakan pekerjaan tertentu.
Sumber : http://satria.blogspot.com/pengertian pelatihan
e.      Menurut Frank Sherwood dan Wallace H. Best, Pelatihan adalah proses membantu pegawai-pegawai untuk memperoleh keefektifan dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan dating melalui pengembangan kebiasaan, pikiran dan tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap.
Sumber : Agus, D. 1986. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali.
Dari beberapa pengertian di atas yang diambil dari berbagai sumber, dapat disimpulkan bahwa pelatihan adalah suatu tindakan dan kegiatan yang diberikan kepada sumber daya manusia yang terlibat dalam organisasi agar mampu menguasai dan meningkatkan berbagai keterampilan, teknik, kecakapan, peraturan dan sikap dalam menjalankan suatu organisasi.

Baca juga tulisan menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar