Berita Terbaru :

Rabu, 21 September 2011

METODE PENELITIAN

Hari ini, pada mata kuliah METODE PENELITIAN, mahasiswa TP 09 diajarkan untuk merancang penelitian dimana yang diranang adalah hanya Pada bagian PENDAHULUAN saja. Ini merupakan langkah awal bagi kami sebagai mahasiswa untuk merancang penelitian dalam pembuatan SKRIPSI nantinya,,,,
adapun penelitian yang saya coba pelajari tadi yakni :
NI dya cntohnya.....

PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) TERHADAP PELAKSANAAN MATA PELAJARAN TIK PADA KELAS XII SMA NEGERI 1 WATANG PULU
          A.     LATAR BELAKANG
Seiring dengan berkembangnya IPTEK, khusunya bidang teknologi yang semakin pesat pada era globalisasi ini memberikan suatu kesempatan bagi pendidikan untuk terus melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan saat sekarang ini dapat melalui pembelajaran Online(e-learning) yang memudahkan setiap guru dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Metode pembelaran online yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan SMA dirasakan manfaatnya oleh setiap siswa dan guru. Metode pembelajaran online ini sudah mulai digunakan diberbagai kalangan guru yang ada di indonesia ini. Meskipun pelatihannya kepada guru masih kurang menjangkau berbagai daerah tapi pemerintah telah mengupayakan untuk penyebarannya. Terutama pada guru mata pelajaran TIK karena TIK telah menjadi kebutuhan dalam masyarakat luas dan terlebih lagi di dalam suatu pembelajaran.
Dalam  pembelajaran,  TIK  merupakan  bagian  dari  ranah ilmu pengetahuan yang telah dimasukkan ke  dalam kurikulum pendidikan.  Oleh karena  itu  permasalahan  yang  perlu  segera  dicari  solusinya  adalah  bagaimana usaha  yang  tepat  untuk  mengajarkan  mata  pelajaran  tersebut  agar  peserta  didik dapat dengan mudah mampu menguasainya. Dengan pembelajaran online ini bisa diterapkan dalam pembelajaran agar peserta didik mampu untuk menjalankannya dan mengembangkannya pada masa yang akan datang. Maka dari itu guru dan peserta didik harusnya menguasai media yang digunakan dalam pembelajaran online ini karena mengingat masih banyak guru di indonesia ini belum terlalu menguasai media komputer dan terlebih lagi penggunaan internet.
Olehnya itu, penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana proses pembelajaran online ini pada mata pelajaran TIK dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.
            B.      RUMUSAN MASALAH
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
a.      Bagaimanakah pengaruh pembelajaran Online terhadap pelaksanaan mata pelajaran TIK kelas XII SMA NEGERI 1 WATANG PULU?
b.      Apakah kendala-kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran online terhadap pelaksanaan mata pelajaran TIK kelas XII SMA NEGERI 1 WATANG PULU?
             C.      TUJUAN PENELITIAN
       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
a.      Sejauh mana pengaruh pembelajaran online terhadap proses pembelajaran online pada mata pelajaran TIK Kelas XII SMA NEGERI 1 WATANG PULU.
b.      Kendala-kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran online terhadap  pelaksaanaan mata pelajaran TIK kelas XII SMA NEGERI 1 WATANG PULU.
              D.     MAANFAAT PENELITIAN
            Adapun manfaat dari penelitian ini adalah Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan atau referensi dan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran TIK guna meningkatkan mutu pendidikan.

Baca juga tulisan menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar