Berita Terbaru :

Rabu, 21 Maret 2012

RPP (PENGGUNAAN MEDIA FOTO SLIDE)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan               :           Sekolah Menengah Atas 1 Watang Pulu Kab. Sidrap
Mata Pelajaran                      :           Biologi
Kelas / Semester                   :           X / II
Alokasi Waktu                      :           2 X 45 Menit ( 1 X pertemuan)
I.            Standar Kompetensi
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
II.            Kompetensi Dasar
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian”
III.            Indikator
Ø  Mendeskripsikan macam-macam pencemaran
Ø  Menjelaskan faktor penyebab perubahan lingkungan
Ø  Menjelaskan upaya pencegahan pencemaran
IV.            TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat :
Ø  Menyebutkan contoh pencemaran udara
Ø  Menyebutkan contoh pencemaran air
Ø  Menyebutkan contoh pencemaran tanah
Ø  Menyebutkan faktor yang menyebabkan timbulnya pencemaran udara
Ø  Menyebutkan faktor yang menyebabkan timbulnya pencemaran air 
Ø  Menyebutkan faktor yang menyebabkan timbulnya pencemaran tanah
Ø  Menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah  pencemaran udara
Ø  Menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran air
Ø  Menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah
V.            Materi Pembelajaran
“Pencemaran Lingkungan”
VI.            Pendekatan dan Metode Pembelajaran
A.    Pendekatan Pembelajaran
Ø   CTL (Contextual Teaching Learning)
B.     Metode Pembelajaran
Ø   Demonstrasi
Ø   Tanya jawab
Ø   Penugasan
VII.            Langkah – Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.            Mengorganisasikan/ menyiapkan siswa untuk belajar
2.            Mengadakan apresiasi
3.            Menyampaikan tujuan pembelajan
B.     Kegiatan Inti
1.            Siswa memperhatikan sebuah ilustrasi dan menjawab pertanyaan sederhana dari  guru
2.            Penyajian materi dengan bantuan media foto slide
3.            Siswa diberikan kesempatan menjelaskan Pencemaran Lingkungan dan bertanya jika tidak mengerti
4.            Guru memberikan evaluasi
C.     Kegiatan Akhir
1.            Siswa dan guru menyimpulkan materipelajaran
2.            Pemberian tindaklanjut berupa PR/Tugas
3.            Pesan-pesan moral kepada siswa
VIII.            Media dan Sumber Belajar
A.    Media
Ø   Foto Slide
B.     Sumber Belajar
Ø   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Ø   Buku Seni & Budaya kelas X SMA Penerbit Erlangga
IX.            Evaluasi / Penilaian
A.    Proses
Ø   Tes Lisan
Ø   Praktek
B.     Penilaian hasil belajar
Ø   Tes Tertulis
Mengetahui,                                                                            Bojoe, 28 februari 2012
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Seni & Budaya


Drs. H. Mursalim, S.Pd, M.Si                                                          H. Muh. Faisal, S.Pd
Nip : 19600101 198203 1 058                                                            Nip : 19591231 197910 2 062




Baca juga tulisan menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar