RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Atas 1 Watang Pulu Kab. Sidrap
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X / II
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit ( 1 X pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
“Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
II.
Kompetensi
Dasar
“Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/ pencemaran
lingkungan dan pelestarian”
III.
Indikator
Ø Mendeskripsikan
macam-macam pencemaran
Ø Menjelaskan
faktor penyebab perubahan lingkungan
Ø Menjelaskan
upaya pencegahan pencemaran
IV.
TujuanPembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat :
Ø Menyebutkan contoh
pencemaran air
Ø Menyebutkan contoh
pencemaran tanah
Ø Menyebutkan faktor
yang menyebabkan timbulnya pencemaran udara
Ø Menyebutkan faktor
yang menyebabkan timbulnya pencemaran air
Ø Menyebutkan faktor
yang menyebabkan timbulnya pencemaran tanah
Ø Menyebutkan upaya-upaya
yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran udara
Ø Menyebutkan
upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran air
Ø Menyebutkan
upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah
V.
Materi
Pembelajaran
“Pencemaran Lingkungan”
VI.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
A. Pendekatan
Pembelajaran
Ø CTL
(Contextual Teaching Learning)
B. Metode
Pembelajaran
Ø Demonstrasi
Ø Tanya
jawab
Ø Penugasan
VII.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
1.
Mengorganisasikan/ menyiapkan siswa untuk
belajar
2.
Mengadakan apresiasi
3.
Menyampaikan tujuan pembelajan
B. Kegiatan
Inti
1.
Siswa memperhatikan sebuah ilustrasi dan
menjawab pertanyaan sederhana dari guru
2.
Penyajian materi dengan bantuan media
foto slide
3.
Siswa diberikan kesempatan menjelaskan Pencemaran
Lingkungan dan bertanya jika tidak mengerti
4.
Guru memberikan evaluasi
C. Kegiatan
Akhir
1.
Siswa dan guru menyimpulkan materipelajaran
2.
Pemberian tindaklanjut berupa PR/Tugas
3.
Pesan-pesan moral kepada siswa
VIII.
Media
dan Sumber Belajar
A. Media
Ø Foto
Slide
B. Sumber
Belajar
Ø Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
Ø Buku
Seni & Budaya kelas X SMA Penerbit Erlangga
IX.
Evaluasi
/ Penilaian
A. Proses
Ø Tes
Lisan
Ø Praktek
B. Penilaian
hasil belajar
Ø Tes
Tertulis
Mengetahui, Bojoe,
28 februari 2012
Kepala Sekolah Guru Seni & Budaya
Drs.
H. Mursalim, S.Pd, M.Si H.
Muh. Faisal, S.Pd
Nip : 19600101 198203 1 058 Nip : 19591231 197910 2 062
Nip : 19600101 198203 1 058 Nip : 19591231 197910 2 062
0 komentar:
Posting Komentar