Berita Terbaru :

Minggu, 31 Maret 2013

CMS Moodle!!!


Pengertian Moodle 
Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program Software yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Software ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam ruang kelas digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Kata Moodle awalnya merupakan kependekan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment, walaupun pada awalnya huruf M kependekan dari kata “Martin’s” yang berasal dari Martin Dougiamas sang pembuat Moodle. Maksud dari modular di sini adalah para developer di seluruh dunia dapat mengembangkan serta menciptakan modul – modul baru untuk menambah fungsional Moodle.
Moodle merupakan sebuah Software Course Management System (CMS) yang dapat di download gratis, digunakan ataupun di modifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Saat ini Moodle sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160 negara didunia. Moodle dapat di install pada komputer manapun (Windows, Mac, dan berbagai distro Linux) yang dapat menjalankan PHP dan mendukung database bertipe SQL (MySQL, Postgre, Oracle, ataupun Microsoft SQL Server).
Moodle merupakan produk yang sangat aktif dan cepat perkambangannya. Seiring perkembangannya, banyak fungsi – fungsi baru yang ditambahkan.
Menurut Amiroh (2012 : 2) Beberapa aktivitas pembelajaran yang didukung oleh moodle adalah sebagai berikut :
  • Assigment : Fasilitas ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta didik secara online/offline. Peserta didik dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan tugas dengan cara mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat : Fasilitas ini digunakan oleh pengajar dan peserta didik untuk saling berinteraksi secara online/offline dengan cara berdialog teks.
3.Forum
Merupakan forum diskusi secara online/offline antara pendidik dan peserta didik yang membahas topik-topik yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
4.Quiz
Fasilitas ini digunakan oleh pengajar untuk melakukan ujian atau tes secara online maupun offline.
5.Survey
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat

Elemen Moodle
Berikut ini adalah tingkatan pengguna (user level) pada Moodle adalah sebagai berikut :
a.Administrator
Merupakan pengguna yang mempunyai hak akses tertinggi yang dapat melakukan seluruh fungsi administrasi Moodle.
b.Course creator
Merupakan pengguna yang mempunyai hak akses membuat course dan mengajar dalam course itu.
c.Teacher
Sebagai guru, merupakan pengguna yang dapat melakukan seluruh fungsi course termasuk menambah/mengubah aktivitas, dan memberi nilai.
d.Non-editing Teacher
Mirip seperti tugas seorang asisten guru/dosen, merupakan pengguna yang dapat mengajar pada course tetapi tidak bisa menambah/mengubah aktivitas.
e.Student
Merupakan pengguna yang mempunyai hak untuk mengakses sebuah course tertentu, tetapi tidak berhak melakukan perubahan terhadap course tersebut.
f.Guest
Merupakan pengguna yang mempunyai hak akses sangat terbatas,tergantung pada pengguna Moodle untuk jenis pengguna ini. Agar dapat mengakses Portal Moodle, maka seorang siswa/guru harus mempunyai account (terdaftar) pada Portal Moodle yang bersangkutan. Yang bertugas untuk membuat sebuah account baru adalah seorang administrator, kemudian memberi hak akses kepada siswa / guru tersebut sesuai dengan statusnya (sebagai guru, siswa, atau sebagai administrator).

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus