Fitur dan Fasilitas Website
Fitur dan fasilitas yang terdapat pada website antara lain:
A. Jejaring Sosial Komunitas
Beberapa fitur yang dapat diakses dari fasilitas ini antara lain:1. Pesan Pribadi (Private Message)
Digunakan untuk kirim dan terima pesan secara private.
2. Update Status
Fitur yang digunakan untuk mengirimkan status di beranda.
3. Komentar Status & Like Status
Digunakan untuk mengomentari atau menyukai kiriman status.
4. Mengirim Konten
Memungkinkan anggota untuk mengirim konten dan dapat dilihat oleh oleh user atau pengunjung lainnya. Konten yang dikirim dibatasi hanya pada konten-konten tertentu.
5. Komentar Konten
Memungkinkan anggota dan pengunjung (visitors) mengomentari konten yang dikirim. Konten yang dapat dikomentari oleh pengunjung dibatasi pada konten-konten tertentu yang bersifat publik.
6. Notifikasi / Pemberitahuan
Fitur ini akan memberitahukan siapa saja yang mengomentari konten yang dikirim oleh user, atau konten lain yang melibatkan seorang user.
7. Halaman Profil Member
Berisi data-data pribadi dan foto profil member, misalnya nama, alamat, status, hobi dan sebagainya.
8. Pengaturan Akun, Password dan Privasi
a. Pengaturan Akun
Anggota dapat menambahkan alamat email baru atau mengganti alamat default yang ada. Fasilitas ini juga digunakan untuk menon-aktifkan akun pada website.
b. Pengaturan Password
Digunakan untuk mengganti password dengan password yang baru.
c. Pengaturan Privasi
Pengaturan untuk profil dan informasi pribadi, misalnya jika anggota tidak ingin menampilkan tanggal lahir dan jenis kelamin di halaman profil, atau bahkan dapat mengatur profil supaya tidak muncul di pencarian atau dilihat oleh anggota lain dan publik.
B. Web Forum
Secara umum, web forum merupakan fasilitas yang tersedia di internet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Dibuatnya forum online ini dimaksudkan untuk memudahkan anggota dalam berdiskusi. Mereka dapat membuat topik (thread)baru sesuai dengan kriteria atau kategori yang telah ditentukan, serta bergabung dan mengomentari forum lainnya.Anggota diberikan akses penuh terhadap thread yang dibuatnya, seperti edit thread, publish / unpublish thread dan menutup thread. Kecuali menghapus thread, anggota tidak dapat menghapus thread secara permanen, tetapi thread tersebut akan dipindahkan ke thread “Recycle Bin” yang hanya bisa diakses oleh administrator.
Fitur-fitur serta fasilitas yang dapat diakses dan digunakan pada sistem ini antara lain:
1. Kirim Thread Baru
Digunakan untuk membuat topik (thread) baru pada forum sesuai dengan kriteria atau kategori yang telah ditentukan. Fitur ini bisa diakses dan digunakan oleh semua anggota yang telah terdaftar.
2. Publish / Unpublish Thread
Digunakan untuk mempublikasikan atau menonaktifkan kiriman thread. Jika dinonaktifkan, maka thread tersebut tidak akan muncul serta terlihat oleh user lain dan publik. Hal ini bisa dilakukan oleh anggota yang bersangkutan dan oleh administrator.
3. Edit Thread
Digunakan untuk menyunting topik (thread) yang telah dikirim. Hal ini bisa dilakukan oleh anggota yang bersangkutan dan oleh administrator.
4. Hapus Thread
Digunakan untuk menghapus topik (thread) yang telah dikirim. Thread ini selanjutnya akan dipindahkan ke Thread “Recycle Bin” untuk sementara, sebelum dihapus secara permanen oleh administrator.
5. Tutup Thread
Digunakan untuk menutup topik (thread) yang telah dikirim, agar tidak dapat dikomentari lagi, tetapi masih dapat dilihat oleh user lain. ini Hal ini bisa dilakukan oleh anggota yang bersangkutan dan oleh administrator.
6. Share Thread
Digunakan untuk membagikan / mengirimkan (share) thread ke profil Facebook dan Twitter.
7. Mengomentari Thread
Berfungsi untuk mengomentari thread pada forum. Hal ini bisa dilakukan selama thread tersebut aktif, belum dihapus atau ditutup.
8. Notifikasi / Pemberitahuan
Sistem akan otomatis mengirimkan pemberitahuan, jika ada user lain yang mengomentari thread yang dikirim, atau thread lain yang melibatkan anggota yang bersangkutan.
C. Fitur dan Fasilitas Lainnya
Selain fasilitas di atas, terdapat konten-konten lainnya yang bisa diakses oleh anggota dan publik, antara lain:1. Buku Tamu
Memungkinkan pengunjung untuk dapat memberikan komentar, kritik dan sarannya pada website.
2. Konten Berita
Digunakan untuk mempublikasikan berita-berita aktual dan terbaru.
3. Konten Artikel
Digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel.
4. Mading Sekolah / Pengumuman
Digunakan untuk mempublikasikan pengumuman dari pihak sekolah.
5. Kegiatan Sekolah
Digunakan untuk mempublikasikan jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah.
6. Galeri Foto
Digunakan untuk mempublikasikan foto-foto kampus / acara sekolah.
7. Informasi Lowongan Kerja
Digunakan untuk mempublikasikan informasi lowongan kerja dari perusahaan atau instansi lainnya.
8. Konten Cerpen (Cerita Pendek)
Digunakan untuk mempublikasikan cerita-cerita pendek.
9. Konten Download
Digunakan untuk mempublikasikan file, game, modul belajar dan sebagainya, sehingga dapat diunduh oleh anggota atau publik.
10. E-Learning
Memuat materi dan modul belajar gratis di bidang ilmu komputer, teknologi informasi dan umum yang dapat diunduh oleh anggota atau publik.
11. Catatan Anggota / Member
Digunakan untuk mempublikasikan catatan anggota, sehingga dapat dilihat oleh anggota lain atau publik.
12. Events
Sebagai history dari rangkaian peristiwa / kejadian yang terjadi pada website, misalnya jika seseorang bergabung atau mengirim konten.
Untuk memperolehnya silahkan:
Untuk proposal pengajuan skripsinya, silahkan
Demo bisa dilihat di: http://man2ciamis.p.ht atau http://sman2ciamis.p.ht
===========...===========
Cara Installasi di Localhost
Web ini membutuhkan server lokal atau online untuk menjalankannya. Bisa dengan XAMPP, WAMP, APPSERVER, dll. PHP yang digunakan minimal PHP versi 5.2.7PETUNJUK INSTALLASI:
- Install XAMPP 1.7.5 atau yang terbaru, bisa didownload dihttp://www.apachefriends.org/en/xampp.html
- Letakan folder websekolah pada direktori web server, misal
c:\xampp\htdoc\ - Letakan folder websekolah_db yang ada di dalam folder DATABASE ke:
c:\xampp\mysql\data\ - Atur dan sesuaikan file config.php di direktori:
c:\xampp\htdoc\websekolah\config.php - Buka web browser, ketikan di address: http://localhost/websekolah atauhttp://127.0.0.1/websekolah
- Login ke web, gunakan user ini untuk administrator:
E-mail : admin@yahoo.com - hanya contoh (bisa diganti)
Password : 000000 - hanya contoh (bisa diganti)
Password : 000000 - hanya contoh (bisa diganti)
Untuk memperolehnya silahkan:
Untuk proposal pengajuan skripsinya, silahkan
Demo bisa dilihat di: http://man2ciamis.p.ht atau http://sman2ciamis.p.ht
Untuk informasi, silahkan hubungi 087-725-330110 atau asevha@gmail.com, atau Facebook: http://www.facebook.com/isevha
0 komentar:
Posting Komentar