Berita Terbaru :

Senin, 03 Maret 2014

Lembar Observasi Guru (Instrumen Penelitian Kuantitatif)


Bagi yang sedang melakukan penelitian bisa dijadikan sebagai pedoman. Lembar Observasi Guru ini merupakan instrumen yang saya gunakan ketika Melakukan Penelitian. Ya alhamdulillah,, Ketika Sidang tidak di koreksi dan bisa dibilang berhasil membantu saya. 
Semoga dapat membantu para pengunjung Blog ini Pula
 
LEMBAR OBSERVASI GURU
KELAS EKSPERIMEN
Pengaruh Penggunaan Media Weblog Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas VII SMP Negeri 6 Pangsid Kabupaten SIDRAP
Mata Pelajaran  : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester: VII A / II (Genap)
Hari/Tanggal: Pengamatan I dan II : 07 dan 13 Februari 2013
              Pengamatan III dan IV : 23 dan 02 Maret 2013
Petunjuk: Amatilah pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang  dilakukan guru  dengan memberikan tanda ceklis (  √  ) pada kolom yang tersedia sesuai dengan pengamatan anda selama guru mengajar



Indikator yang diamati
Pengamatan
I
II
III
IV
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
3
1.      Guru menjelaskan langkah-langkah penggunaan Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran.








2.      Guru Mengupload materi pelajaran dan tugas/LKS  di Weblog Berbasis Moodle.








3.      Guru melakukan diskusi online sesuai waktu yang telah di sepakati.








4.      Guru mengabsen Siswa melalui layanan Chat  di Weblog Berbasis Moodle








5.      Guru melakukan apersepsi, yaitu mengungkapkan kembali secara sekilas materi pelajaran yang telah dipelajari.








6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran








7.      Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan  Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran.








8.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi yang diajarkan melalui layanan diskusi online.








9.      Guru menjawab pertanyaan dari siswa melalui  layanan diskusi online.








10.  Untuk memastikan siswa paham dengan pelajaran yang diajarkan maka guru memberikan pertanyaan/tugas kepada siswa melalui diskusi online dengan waktu yang disediakan








11.  Guru membahas  dan meluruskan pertanyaan/tugas yang diberikan kepada siswa  melalui layanan diskusi online








12.  Guru  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan.








13.  Guru menutup dan memberikan penguatan serta pesan moral kepada siswa.








14.  Guru memberikan test atau evaluasi dalam bentuk soal yang di upload melalui media Weblog berbasis Moodle dengan batas waktu yang telah ditentukan








JUMLAH PEROLEHAN SKOR
35
37
38
41

Keterangan :
B = Baik jika 81% - 100 %  Guru yang mengikuti indikator yang diamati
C = Cukup jika ≥ 50% - <80 % Guru  yang mengikuti indikator yang diamati
K = Kurang jika 0% - < 50% Guru yang mengikuti indikator yang dimamti

Nilai  :  151  X 100%  =  89,8 %  (Baik)
             168

Pangkajene Sidrap, 5 Maret 2013
Observer,


RUSMIYATI, S.Pd
NIP : 19700414 200212 2 005



Keterangan :                                                                  
Guru menjelaskan langkah-langkah penggunaan Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran
3:jika guru menjelaskan secara ringkas, jelas dan sistematis langkah-langkah penggunaan Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran
2: jika guru menjelaskan secara ringkas dan jelas langkah-langkah penggunaan Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran
1:jika guru menjelaskan secara ringkas langkah-langkah penggunaan Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran
Guru mengupload materi pelajaran dan tugas/LKS  di Weblog Berbasis Moodle.
3:jika guru mengupload Materi Pelajaran dan tugas/LKS  di Weblog Berbasis Moodle sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2:jika guru mengupload Materi Pelajaran tugas/LKS  di Weblog Berbasis Moodle tetapi tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
1:jika guru tidak mengupload Materi Pelajaran dan tugas/LKS  di Weblog Berbasis Moodle
Guru melakukan diskusi online sesuai waktu yang telah di tentukan
3:jika guru tepat waktu melakukan diskusi online
2:jika guru terlambat melakukan diskusi online
1:jika guru tidak melakukan diskusi online
Guru mengabsen Siswa melalui layanan diskusi online
3:jika guru mengabsen Siswa melalui layanan diskusi online
2:jika guru mengabsen Siswa tidak melalui layanan diskusi online
1:jika guru tidak mengabsen Siswa
Guru melakukan apersepsi, yaitu mengungkapkan kembali secara sekilas materi pelajaran yang telah dipelajari.
3:Jika guru  melakukan apersepsi sesuai dengan materi dan tujuan    pembelajaran
2:jika guru melakukan apersepsi sesuai dengan materi tetapi tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran
1:jika tidak melakukan apersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3:jika guru menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai dengan materi yang akan dibahas
2:jika guru menyampaikan tujuan pembelajaran tetapi tidak sesuai dengan materi yang akan dibahas
1:jika guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan  Weblog Berbasis Moodle sebagai media pembelajaran.
3:jika guru menjelaskan secara ringkas, jelas dan sistematis tentang materi pelajaran
2:jika guru menjelaskan secara ringkas dan jelas tentang materi pelajaran
1:jika guru menjelaskan secara ringkas tentang materi pelajaran
Guru memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi yang diajarkan melalui layanan diskusi online.
3:jika guru memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi yang diajarkan melalui layanan diskusi online.
2:jika guru memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tetapi tidak sesuai dengan materi yang diajarkan.
1:jika guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa bertanya
Guru menjawab pertanyaan dari siswa melalui  layanan diskusi online
3:jika guru menjawab pertanyaan siswa dengan benar dan jelas.
2:jika guru menjawab pertanyaan dari siswa dengan benar namun kurang jelas
1:jika guru menjawab pertanyaan dari siswa namun salah
Untuk memastikan siswa paham dengan pelajaran yang diajarkan maka guru memberikan pertanyaan kepada siswa melalui diskusi online dengan waktu yang disediakan
3:jika guru memberikan pertanyaan kepada siswa sesuai dengan menetapkan waktu yang disediakan
2:jika guru memberikan pertanyaan kepada siswa melalui layanan diskusi online tetapi tidak menetapkan waktu yang disediakan
1:jika guru tidak memberikan pertanyaan kepada siswa
Guru membahas  dan meluruskan pertanyaan/tugas yang diberikan kepada siswa  melalui layanan diskusi online
3:jika guru membahas  dan meluruskan secara ringkas, jelas dan sistematis tentang pertanyaan/tugas yang diberikan kepada siswa.
2:jika guru membahas  dan meluruskan secara ringkas, dan jelas tentang pertanyaan/tugas yang diberikan kepada siswa
1:jika guru tidak membahas  dan meluruskan pertanyaan/tugas yang diberikan kepada siswa
Guru  menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
3:jika kesimpulan lengkap sesuai dengan materi dan tujuan pelajaran yang telah disampaikan
2:jika kesimpulan tidak lengkap
1:jika tidak membuat kesimpulan
Guru menutup dan memberikan penguatan serta pesan moral kepada siswa
3:jika guru menutup dan memberikan penguatan serta pesan moral kepada siswa
2:jika guru menutup tetapi tidak memberikan penguatan serta pesan moral kepada siswa
1:jika guru tidak menutup dan memberikan penguatan serta pesan moral kepada siswa
Guru memberikan test atau evaluasi dalam bentuk soal yang di upload melalui media Weblog berbasis Moodle dengan batas waktu yang telah ditentukan
3:jika test atau evaluasi sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran
2:jika test atau evaluasi tidak sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran
1:jika guru tidak memberikan test atau evaluasi

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Did you realize there is a 12 word sentence you can tell your crush... that will induce deep feelings of love and instinctual attraction for you buried inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, treasure and protect you with his entire heart...

    =====> 12 Words That Trigger A Man's Love Instinct

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will drive him to work better than before to love and admire you.

    Matter of fact, fueling this dominant impulse is so essential to getting the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll soon notice him open his heart and mind to you in such a way he haven't expressed before and he will see you as the only woman in the universe who has ever truly tempted him.

    BalasHapus