Berita Terbaru :

Jumat, 29 November 2013

SMP Negeri 6 Pangsid, Gunakan Teknologi Dalam Pembelajaran

Seiring dengan perkembangan zaman, Teknologi Informasi dan Komunikasi terus mengalami pembaharuan di era globalisasi ini. Berbagai bidang dalam suatu Negara kini tidak tanggung-tanggung menerapkan Teknologi-teknologi canggih yang bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Bidang pendidikan misalnya merupakan salah satu bidang yang sudah melakukan inovasi-inovasi untuk mengkolaborasikan teknologi canggih dengan pembelajaran demi terwujudnya pembelajaran yang inovatif, kreatif dan kondusif.

Pada saat ini banyak sekolah-sekolah di kota-kota besar yang melakukan pengembangan pembelajaran dengan teknologi atau biasa disebut dengan pembelajaran berbasis teknologi. SMP Negeri 6 Unggulan Pangsid merupakan salah satu sekolah yang berada di tengah-tengah Provinsi Sulawesi selatan yang letaknya jauh dari ibu kota provinsi yang merupakan kota besar (Makassar) lebih tepatnya di Kabupaten Sidrap. Namun semua itu bukan merupakan salah satu faktor penghambat sekolah ini dalam melakukan pengembangan pembelajaran melalui teknologi-teknologi canggih.

Dimulai dari pertengahan semester 1 Tahun Pelajaran 2013-2014, sekolah ini telah mengalami perubahan yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran terkhusus pada Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dimulai dari bertambahnya Komputer di Lab. Komputer, Pengadaan Wireless dari pihak sekolah dan perbaikan Komputer yang mengalami kerusakan. Hal tersebut mengakibatkan Proses pembelajaran sudah dapat dilakukan dengan komputer.

Kegiatan belajar mengajar sekarangpun mengalami perubahan menjadi kondusif dan memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Dengan adanya hal tersebut pembelajaranpun semakin berkembang dimulai dari adanya E-learning pada mata pelajaran TIK, pembelajaran dilakukan dengan tidak menggunakan media gambar tapi media langsung, menggunakan model-model pembelajaran yang bervaiasi hingga pelaksanaan ulangan harian pada mata pelajaran TIK dilaksanakan secara Online. Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang baru saja berusia 10 tahun ini karena belum ada sekolah yang ada di Kab. Sidrap yang menerapkan pembelajaran seperti ini yang memanfaatkan teknologi.

Hal ini diharapkan kepada pihak sekolah untuk tidak puas dengan perkembangan karena ini adalah awal dari perkembangan pembelajaran di kabupaten sidrap. Ke depannya diharapkan pula penerapan pembelajaran berbasis teknologi ini dapat diterapkan di seluruh mata pelajaran yang ada di SMP Negeri 6 Unggulan pangsid. Seperti pada semester II nantinya, pembelajaran TIK bukan teori penuh tetapi praktek, misalnya pembuatan email, pembuatan blog, desain blog, dan cara berwira usaha di intenet. Semua harapan-harapan tersebut dapat diwujudkan dengan adanya pemikiran dan tindakan sehingga akan melahirkan kreatifitas-kreatifitas yang bertujuan membantu siswa belajar dan guru untuk mengajar.
“Mari bersama mengggunakan teknologi dengan baik dan berkreatfitas demi sebuah tujuan”
By_ichal
Guru TIK SMPN 6 Unggulan pangsid
Sumber : smpnegeri6pangsid.blogspot.com

Baca juga tulisan menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar